RSS

TUGAS ARTIKEL SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS



TUGAS ARTIKEL SOFTSKILL


ARTIKEL 2


Komponen - komponen komunikasi bisnis dan komunikasi tatap muka


*Komponen-komponen komunikasi bisnis
Komponen-komponen komunikasi hampir sama dengan unsur-unsur komunikasi, yaitu :
1.      Komponen komunikan
2.      Komponen komunikator
3.      Komponen pesan
4.      Komponen umpan balik

Adapun pembahasan lengkapnya dibawah ini :
·         Komponen komunikan terjadi apabila pesan komunikasi benar-benar dimengerti oleh penerima pesan, pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan, pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk kepentingan pribadinya, mampu menempatkan baik secara mental ataupun fisik.
  •  Komponen komunikator dapat terjadi dengan efektif apabila komunikasinya terdapat kepercayaan dalam diri komunikator.
  •   Komponen pesan berupa pesan, nasehat, bimbingan, dorongan, informasi dan lain-lain. Pesan dapat disampaikan melalui lisan maupun nonlisan (nonverbaL)
  • Komponen umpan balik merupakan respon yang diberikan oleh komunikan terhadap pesan yang diterimanya

*Komunikasi tatap muka

1.Pengertian komunikasi tatap muka  

            Komunikasi tatap muka adalah komunikasi langsung dimana komunikasi tersebut dilakukan oleh komunikan dan komunikator dengan ruang dan waktu yang sama.
Kelebihan komunikasi tatap muka adalah:
1.      Komunikator dapat melihat langsung tanggapan komunikannya.
2.      Komunikan akan lebih memahami dan mendalami apa yang sedang dibicarakan.


3.      Keefektifan dan keefisienan dalam menyampaikan pesan persuasif untuk mengubah sikap, perilaku, pendapat seseorang.
4.      Tidak memerlukan biaya.
5.      Perasaan dan emosi lebih terlihat dan menyatu.
6.      Dapat dilakukan semua orang.
7.      Dapat mengetahui secara langsung komunikasi non verbal dan verbal antar lawan bicara.
8.      Mengurangi kebohongan di dalam pengungkapan verbal.
9.      Dapat lebih terbuka.
Sedangkan kekurangan dari komunikasi tatap muka adalah:
1.      Harus di dalam ruang dan waktu yang sama
2.      Komunikan dan komunikator terbatas
3.      Penyebaran informasi relatif lama karena menuntut kesamaan waktu antara komunikan dengan komunikatornya.
4.      Tidak dapat menyembunyikan perasaan dan komunikasi nonverbal
Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing komunikasi diatas dapat disimpulkan perbedaan-perbedaan antara komunikasi medio dengan komunikasi tatap muka. Perbedaan tersebut adalah:
1.      Penggunaan internet sebagai medium untuk berkomunikasi menuntut penggunanya memiliki pengetahuan cara menggunakan software komputer secara umum dan software aplikasi internet secara khusus. Disini berarti terdapat penggunaan dan pengembangan kognitif dari pengguna internet. Sedangkan komunikasi tatap muka tidak menuntut perkembangan kognisi pada penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi tatap muka.




2.      Komunikasi dalam internet memiliki konteks komunikasi massa tetapi juga membentuk komunikasi personal dalam jumlah banyak. Konteks komunikasi personal dalam jumlah banyak disini memiliki arti bahwa pengguna internet dalam melakukan komunikasi berhadapan dengan pengguna lain dalam jumlah banyak yang masing-masing berperan sebagai komunikator dan komunikan. Sedangkan dalam komunikasi tatap muka, komunikan hanya dapat melakukan komunikasi berhadapan dengan beberapa orang. Topik yang diperbincangkan pun terbatas.
3.      Dalam internet pengiriman pesan menggunakan berbagai bentuk seperti teks, grafis, video dan suara. Sedangkan dalam komunikasi tatap muka, pengiriman pesan dalam bentuk suara dan bahasa nonverbal.


 http://www.gunadarma.ac.id.

0 komentar:

Posting Komentar